1: 2: 3: 4: 5: 6: 7: 8:
Custom Search

13 August 2009

Harga Minyak Masuk Kelompok US$70/barel

Harga minyak mentah di bursa utama dunia kembali masuk ke kelompok US$70/barel setelah terpicu oleh kenaikan indeks di bursa ekuitas. Namun, harga berpotensi kembali terperosok di sesi berikut setelah pemerintah Amerika Serikat (AS) mengumumkan naiknya tingkat stok.

Menurut laman The Wall Street Journal, harga minyak light sweet di bursa Nymex, New York, Rabu sore (Kamis dini hari WIB) naik US$1,06 (1,5 persen) menjadi US$70,51/barel. Sedangkan harga minyak Brent di bursa ICE London naik 60 sen (0,8 persen) menjadi US$73,06/barel.

Harga di bursa Nymex pada sesi pagi sempat naik lebih tinggi, yaitu US$71,13/barel, sebelum diumumkan data stok minyak pekan lalu. Menurut survei Departemen Energi AS, pasokan minyak mentah naik 2,5 juta barel. Kenaikan ini lebih besar dari survei Dow Jones sebesar 700.000 barel.

Ini artinya tingkat permintaan minyak di AS masih lemah. "Tidak ada tanda-tanda penting yang menunjukkan peningkatan permintaan di AS dan itulah yang pertama kali membuat pasar lesu," kata Mike Zarembski, pengamat komoditas dari OptionsExpress di Chicago.

Stok minyak mentah di AS kini hampir 20 persen lebih banyak dari periode yang sama tahun lalu.

 
©  free template by Blogspot tutorial