1: 2: 3: 4: 5: 6: 7: 8:
Custom Search

30 October 2009

Mengatasi Virus SMS Dengan FortiCleanUp


Awalnya virus hanya dikenal pada komputer. Namun seiring dengan kecanggihan ponsel dan kemunculan sistem operasi pada perangkat bergerak tersebut, virus pun mulai menulari ponsel. Meski tidak terlalu banyak variannya, tapi virus ponsel ini pun cukup berbahaya karena mempunyai daya rusak yang tidak kalah hebat.

Jalur penyebaran virus pada ponsel sendiri bisa melalui SMS, Bluetooth maupun MMS. Beberapa virus mampu membuat layanan SMS/ MMS jadi bermasalah dan tidak berjalan sesuai dengan fungsinya.

Antara lain virus bisa menyebabkan ponsel mengirim SMS/MMS tanpa kita sadari dan kita kehendaki ke semua nomor atau ke nomor tertentu. Biasanya setelah kita mengirimkan SMS ke nomor tertentu, akan muncul tanda di ponsel kita (kotak outbox) bahwa seolah-olah SMS yang baru saja kita kirim ditunda pengirimannya (pending), padahal SMS tersebut sudah terkirim. Namun kita tidak perlu berkecil hati, ada aplikasi yang bisa mengatasi virus SMS yang menyebalkan dan sangat mengganggu ini.

Aplikasi gratisan/ freeware yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan SMS yang biasa terjadi pada ponsel Symbian adalah FortiCleanUp. Aplikasi keluaran Fortinet (fortiguardcenter.com) ini memiliki dukungan cukup lengkap dalam pemberantasan virus. Tersedia empat aplikasi untuk memberantas virus SMS ini yaitu FortiCleanUp for Curse SMS, FortiCleanUp for Commwarrior Virus, FortiClearUp for Hati-hati Virus dan FortiCleanUp for Beselo Virus. Aplikasi ini tersedia untuk Symbian S60v2 maupun S60v3.

Setelah berhasil mengunduh maka aplikasi siap di-install ke dalam ponsel. Kita bisa mengunduh empat aplikasi yang tersedia untuk mengantisipasi beragam serangan virus yang mungkin sudah menginfeksi ponsel kita. Tapi salah satu aplikasi yang cukup ampuh untuk meredam gangguan pada SMS adalah FortiCleanUp for Curse SMS.

Setelah berhasil kita install selanjutnya kita klik FortiCleanUp Curse SMS > Options > Open. Proses pembersihan akan berlangsung otomatis dan jika sudah berhasil maka aplikasi ini akan menampilkan datanya. Jika ada virus yang terdeteksi maka aplikasi ini akan memunculkan datanya dalam kotak karantina dan menghapusnya secara otomatis. Selain untuk SMS kita bisa pula meng-install anti virus lain yang cukup bermanfaat seperti FortiCleanUp for Commwarrior yang mampu mendeteksi virus tertentu, serta FortiCleanUp for Virus Hati-hati dan Virus Beselo.

FortiMobileCleanUp_Nokia6600
Klik disini

FortiCleanUp_hatihati_1.1_All
Klik disini

FortiCleanup_CurseSMS_v_1_0_3_signed
Klik disini

FortiCleanUp_Commwarrior_1.1_ALL
Klik disini

FortiCleanUp_Beselo_1.1_ALL
Klik disini

FortiCleanUp_CurseSMS_103
Klik disini

Artikel ini sudah dimuat di harian Suara Merdeka Minggu, tgl. 1 November 2009 dengan beberapa editing oleh redkasi.

 
©  free template by Blogspot tutorial