1: 2: 3: 4: 5: 6: 7: 8:
Custom Search

19 October 2009

Berbagi Akses Internet Via Ponsel Wi-Fi


WiFi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Awalnya WiFi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
Dalam perkembangan terkini, kita melihat bahwa semakin banyak pengguna ponsel yang mengakses internet di hotspot area, baik yang berbayar maupun yang free of charge alias gratis. Apabila pengguna ponsel berfasilitas WiFi sedang mengakses internet di hotspot area, terutama yang berbayar dan ingin berbagi akses dengan pengguna ponsel berfasilitas WiFi yang lain, apakah bisa? Jawabnya adalah bisa !!!
Ada sebuah aplikasi yang disebut JoikuSpot. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk sharing atau saling berbagi akses internet via ponsel Smartphone’s 3G melalui WiFi kepada ponsel atau perangkat lain, yang tentu saja memiliki fasilitas WiFi.
JoikuSpot bekerja pada ponsel Symbian 60 3rd edition maupun Symbian 60 5th edition, seperti Nokia N95, Nokia 5800. Pada saat kita masuk ke situsnya, kita diminta menentukan tipe ponsel dengan memilih Select Your Phone. Aplikasi JoikuSpot menyediakan aplikasi yang berbayar maupun gratisan atau light. Tentu saja versi light memiliki keterbatasan yaitu hanya mendukung protokol HTTP dan HTTPS. Artinya kita hanya dapat berselancar ke halaman web situs normal dan bukan situs yang membutuhkan koneksi VPN atau Virtual Private Network.
Langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut :
1.      Unduh aplikasi JoikuSpot light di http://www.joiku.com, kemudian install.
2.      Pada saat aplikasi pertama kali dijalankan, kita akan dimintai ijin untuk menggunakan koneksi dari kartu simcard yang kita gunakan. Kita pilih saja Yes, dan pastikan pengaturan akses internet pada kartu kita sudah benar.
3.      Maka proses akses point akan berjalan, sesuai dengan kondisi jaringan saat itu.
4.      Begitu aplikasi terbuka dan akses point telah terbentuk, lakukan beberapa penyesuaian. Bila kita menginginkan keamanan, maka pada menu encryption pilih Yes. Namun bila kita mengalami kesulitan, lebih baik kita pilih pengaturan otomatis. Demikian juga untuk pengaturan IP address, secara otomatis akan terisi pengaturan standar yaitu 192.168.2.1.
5.      Begitu aplikasi dapat melakukan sharing, maka akan terlihat status aktif jaringan dengan nama JoikuSpot beserta kode-kode yang mengikuti dibelakangnya.
6.      Untuk mengetahui apakah sharing sudah dapat dilakukan, geser ke kanan pada status. Maka akan terlihat status sharing yang terjadi, durasi koneksi, berapa banyak paket data yang terunduh, dan sebagainya.
7.      Untuk mengujinya, kita pilih Menuà Koneksià WiFià Search. Apabila ponsel kedua maupun ponsel berikutnya menemukan aksesWiFi dengan nama JoikuSpot berarti sharing akses internet via ponsel pertama sudah berjalan dengan menggunakan jalur WiFi.
Sederhana bukan? Selamat mencoba.
Artikel ini telah dimuat di harian Suara Merdeka Minggu, 18 Oktober 2009 dengan beberapa editing.








 
©  free template by Blogspot tutorial