1: 2: 3: 4: 5: 6: 7: 8:
Custom Search

04 January 2010

Pembukaan IHSG Tahun Ini Penuh Kecemasan


Pembukaan perdagangan indeks harga saham gabungan (IHSG) awal tahun 2010 ini diliputi rasa kecemasan dan ketidakpastian atas pelemahan ekonomi.

"Pembukaan perdagangan tahun ini berbeda dengan pembukaan tahun 2009 lalu. Pada 2009, saat pembukaan, Indonesia diliputi perasaan kecemasan dan ketidakpastian akan pelemahan ekonomi," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani, dalam kata sambutannya di acara peresmian pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010 di Gedung BEI, Jakarta, Senin (4/1/2010).

Sri Mulyani juga mengenang, saat itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono turut hadir membuka perdagangan pada 5 Januari 2009. Selanjutnya, berkat dorongan dan kerja keras serta kebijakan yang cepat dan tepat penutupan perdagangan di lantai bursa 2009, berhasil mencapai prestasi.

"Kinerja kita (IHSG) terbaik di Asean dan nomor dua di Asia Pasifik. Ini adalah hasil kebijakan yang dilakukan pemerintah secara cepat dan tepat dalam mengelola krisis global, sehingga antara pelaku pasar bisa terus menjaga suasana kepercayaan sepanjang tahun," ungkap Sri Mulyani.

Dijelaskannya, awal tahun 2009 lalu, pemerintah beserta seluruh elemen pelaku pasar modal telah berupaya menumbuhkan optimisme agar bisa keluar dari krisis global yang terjadi tahun 2008 silam. Optimisme ini akhirnya menumbuhkan kepercayaan sehingga para pelaku pasar dapat bekerja keras dan bersikap tenang dalam menghadapi krisis.

"Total laba bersih yang berhasil dibukukan emiten di bursa per kuartal III-2009 (year on year) naik 48,5 persen. IHSG naik karena sentimen yg baik, tapi juga karena kinerja emiten yang baik tersebut," ungkapnya.

 
©  free template by Blogspot tutorial