1: 2: 3: 4: 5: 6: 7: 8:
Custom Search

18 November 2009

Bunga Kredit Mulai Susut, Ada yang 9%

Kesepakatan penurunan suku bunga antar 14 bank mulai membuahkan hasil. Tak hanya suku bunga deposito saja yang sudah turun, suku bunga kredit pun beranjak menyusut. Bank Indonesia mencatat bunga kredit kini rata-rata sudah berada di level 10-11 persen.

"Saat ini terus dimonitor penurunannya, tapi intinya sudah turun," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman Hadad di Jakarta, Selasa 17 November 2009.

Dari catatan BI terlihat secara umum bunga kredit investasi berada di kisaran 10-11 persen. "Bahkan ada juga yang mencapai 9 persen," kata dia. Meski begitu masih ada perbankan yang mengenakan bunga kredit 13 persen untuk korporasi. Sedangkan untuk debitor kecil bunga yang ditetapkan sekitar 13 persen.

Seperti diketahui, BI telah mengumpulkan kembali 14 bank untuk membahas penurunan suku bunga kredit. Muliaman mengatakan suku dengan bunga deposito maksimal 7 persen dan posisi BI Rate 6,5 persen, maka seharusnya bunga kredit akan ikut turun. Hal itu dikarenakan penurunan suku bunga kredit banyak ditentukan oleh biaya dana. Biaya dana sendiri hampir menguasai separuh bunga kredit.

Untuk memperpendek spread atau jarak antara suku bunga deposito dengan suku bunga kredit inilah, BI tengah mengumpulkan data perbankan. Deputi Gubernur BI Darmin Nasution sebelumnya menjelaskan BI akan membuat data bagaimana format perbankan, terutama apa saja yang mempengaruhi suku bunga perbankan.

Misalnya saja biaya operasional itu terdiri apa saja sehingga bisa mempengaruhi biaya dana, berapa premi risiko yang ditanggung bank, dan  lain-lain. Dengan data tersebut diharapkan BI mengetahui permasalahan mengapa spread bunga kredit perbankan cukup lebar.

 
©  free template by Blogspot tutorial