1: 2: 3: 4: 5: 6: 7: 8:
Custom Search

27 October 2008

Tentang Alexa Ranking

Alexa adalah sebuah web service yang menghitung traffic dari suatu web/blog berdasarkan jumlah kunjungan ke web/blog tersebut. Alexa menghitung traffic rangkings dengan menganalisa jutaan pengguna Toolbar Alexa dan data yang diperoleh dari berbagai macam traffic data. Informasi tersebut di sortir, disaring, dan dihitung dan ditampilkanlah ranking yang didapatkan tadi pada Alexa service. Prosesnya cukup rumit, tetapi bila loe pengen tahu lebih dalam , teruskan membaca

Apa Itu Traffic Rank?

Traffic rank didasarkan pada kumpulan data historis traffic tiga bulanan dari jutaan pengguna Alexa toolbar dan didapatkan dari berbagai macam sumber data, dan dikombinasikan dengan page views dan kunjungan user. Pada tahap awal, Alexa menghitung reach dan jumlah page views dari semua situs pada web secara harian. Alexa traffic rank yang sesungguhnya berdasarkan nilai yang berasal dari rata-rata jumlah kedua variabel tersebut sepanjang waktu (jadi ranking suatu website/blog mencerminkan jumlah pengunjung situs/blog dan jumlah halaman yang dikunjugin oleh pengguna). Perubahan tiga bulan tersebut ditentukan dengan membandingkan ranking situs/blog sekarang dengan ranking dari tiga bulan yang lalu. Contohnya, pada tanggal 1 Juli, perubahan tiga bulanan akan menampilkan perbedaan antara rangking berdasarkan jumlah traffic selama kuartal pertama tahun 2008 dan rangking berdasarkan jumlah traffic selama kuartal kedua tahun yang sama.

Apa itu Situs dan Web Hosting?

Traffic dihitung untuk situs, yang berarti diperuntukkan untuk level domain. Contohnya, hosting web www.msn.com, carpoint.msn.com dan slate.msn.com semuanya dinggap sebagai bagian dari situs yang sama, karena berada pada domain yang sama yaitu msn.com. Pengecualian untuk blog atau personal home pages, yang dianggap terpisah jika dapat diidentifikasi secara otomatis dari URL-nya. Situs seperti mirror juga dinggap sebagai situs yang sama.

Apa itu Reach?

Reach mengukur jumlah pengunjung. Reach secara khusus didefinisikan sebagai persentase dari seluruh pengguna internet yang mengunjungi suatu situs/blog. Sebagai contoh, jika situs yahoo.com memiliki persentase reach sejumlah 28%, artinya Seluruh pengguna internet secara global yang diukur oleh Alexa sebanyak 28% mengunjungi yahoo.com. Alexa reach per minggu dan rata-rata per tiga bulan diukur berdasarkan reach harian, rata-rata dari suatu waktu tertentu. Perubahan tiga bulanan ditentukan dengan membandingkan jumlah kunjungan saat ini dari suatu situs dengan nilai pada tiga bulan yang lalu.

Apa itu Page Views?

Page views mengukur jumlah halaman yang dikunjungin oleh pengunjung. Berapapun banyaknya halaman yang dikunjungin oleh pengunjung yang sama pada hari yang sama dihitung sebagai satu kali kunjungan. Page views dari satu orang pengunjung merupakan rata-rata jumlah halaman unik yang dikunjungin per pengguna per hari pada suatu situs. Perubahan tiga bulanan ditentukan dengan membandingkan jumlah page view sekarang dengan jumlah pada tiga bulan yang lalu.

Bagaimana Perhitungan dari Grafik Trend Traffic?

Grafik trend menunjukkan rata-rata perubahan ranking per tiga hari. Traffic harian mencerminkan traffic dar isitus/blog berdasarkan data harian. Berbeda dengan traffic rank yang ditunjukkan pada Toolbar Alexa dan dihitung berdasarkan data jumlah traffic selama tiga bulan.

Traffic ranking harian kadang-kadang memberikan manfaat kepada suatu situs/blog dengan traffic yang tinggi secara tiba-tiba, sedangkan traffic tiga bulanan memberikan manfaat kepada situs/blog dengan traffic yang konsisten sepanjang waktu. Semenjak Alexa menyadari bahwa traffic yang konsisten adalah indikasi yang lebih baik bagi suatu situs/blog, maka Alexa lebih memeilih rangking traffic tiga bulanan untuk menunjukkan tingkat popularitas suatu situs/blog secara keseluruhan. Alexa menggunakan traffic harian pada grafiknya karena dapat memberikan penggunanya gambaran mengenai fluktuasi traffic dengan lebih teliti.

 
©  free template by Blogspot tutorial