1: 2: 3: 4: 5: 6: 7: 8:
Custom Search

24 April 2008

MENYIMPAN PHONEBOOK SECARA ONLINE


Mungkin banyak diantara kita pernah mengalami kehilangan phonebook atau daftar contact di ponsel. Bisa saja ponsel kita hilang atau rusak, ponsel diformat ulang, atau kita melakukan upgrade firmware. Kalau nomor telpon atau alamat email relasi bisnis penting ikut hilang maka kita akan sangat direpotkan dengan hal itu.


Memang ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kita dalam mem-backup phonebook, misalnya dengan Backup Contact, SmartVCard, dan lain-lain. Namun aplikasi tersebut hanya bekerja secara offline, dalam arti daftar contact dititipkan dalam memory card dan dikirimkan via koneksi bluetooth atau MMS. Sehingga apabila ponsel rusak maka kita akan mengalami kesulitan untuk melakukan transfer data phonebook.


Ada satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu melakukan backup phonebook secara online. Sehingga kapan saja dan dimana saja kita dapat mentransfer data phonebook kita selama tersedia koneksi jaringan data (GPRS, EDGE, 3G, 3.5 G).
Langkah-langkah yang perlu kita lakukan adalah :


Menginstall Aplikasi Unyverse Di Ponsel
Aplikasi ini dapat kita unduh di http://www.unyverse.com/. Aplikasi ini tersedia untuk beberapa versi yaitu Java and Symbian (J2ME), Windows Mobile, dan Blackberry. Misalkan kita memilih platform Java, maka kita unduh file yang berekstensi *.Jar lalu kita install di ponsel kita, tempatkan di memori internal ponsel. Setelah selesai ponsel kita restart agar aplikasi ini secara otomatis dijalankan pada saat ponsel kita hidupkan.


Melakukan Registrasi
Karena aplikasi ini bersifat online, maka kita harus mendaftar sebagai anggota di situs penyelenggara layanan ini. Langkah ini harus kita lakukan agar kita terdaftar di server ini. Kita klik Sign Up pada halaman sebelah kanan atas untuk memulai registrasi. Langkah pengisiannya hampir sama seperti pada saat kita mendaftar account email atau keanggotaan komunitas di internet. Pada tahap akhir kita klik pilihan Sign me up lalu Create My Account. Setelah itu kita akan mendapatkan nomor ID. Yang perlu diperhatikan nomor ID ini hanya tersimpan selama sekitar 1 jam saja, sehingga harus segera kita masukkan pada saat kita melakukan registrasi di ponsel. Proses ini hanya perlu kita lakukan saat pertama kali melakukan personalisasi di ponsel, proses selanjutnya akan berjalan secara online.


Melakukan Sinkronisasi Ponsel dan Account Di PC
Sekarang Unyverse sudah dalam keadaan online. Untuk melihatnya kita dapat masuk ke Account Unyverse kita, lalu kita pilih Settings –> User –> Sign In. Hal yang harus kita lakukan adalah phonebook kita ke situs Unyverse. Jadi kapanpun kita membutuhkan daftar contact, maka tinggal kita lakukan sinkronisasi ke situs tersebut. Cara memasukkan daftar contact adalah dengan memilih Personal Wikis -> Contact -> All Contact. Kalau kita memiliki group contact, juga bisa kita pilih dan kita masukkan ke situs ini.


Aplikasi ini akan mendeteksi semua contact yang ada dalam ponsel. Kita hanya perlu menunggu beberapa saat, maka semua daftar contact akan di-upload ke situs ini. Setelah selesai kita dapat melihat daftar contact kita dengan memilih My Account -> Contact.

 
©  free template by Blogspot tutorial